Joko Sembung Aktivis Blora Ajak Kenalkan Keris pada Generasi Muda

SHARE:

Mengenalkan keris kepada generasi muda, kita dapat membantu mempertahankan dan menghormati warisan budaya kita.

Aktivis Joko Supratno bicara Tentang Keris Blora

Ditanya tentang keris, lewat percakapan WA pada Rabu (24/5/2023), Aktivis Senior Blora Joko Supratno merasa sudah saatnya ada gerakan pengenalan Warisan Budaya Indonesia yang telah dikukuhkan UNESCO sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia ini kepada generasi muda Blora.

Namun, Joko Supratno segera memberikan warning, "Penting untuk dicatat bahwa pengenalan keris sebaiknya dilakukan dengan pendekatan yang tepat dan sesuai dengan usia dan pemahaman mereka. Baiknya melalui pendidikan formal atau informal, seperti kegiatan di sekolah, museum, lokakarya, atau festival budaya."

Keris Punya Nilai Sejarah Tinggi

Menurut Joko Sembung atau Joksem panggilan akrab Joko Supratno, mengenalkan generasi muda Indonesia dengan keris bisa menjadi hal yang berharga. Keris adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang kaya dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pengenalan terhadap keris dapat membantu memperkuat rasa kebanggaan dan identitas budaya masyarakat Indonesia, terutama di kalangan generasi muda.

"Keris itu bagian tak terpisahkan dari sejarah Indonesia. Dengan mengenalkan keris, generasi muda dapat mempelajari nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya, menghargai karya seni tradisional, dan memahami sejarah nenek moyang mereka," tutur aktivis senior Blora ini berteori. 

"Keris," lanjut Joksem, "Adalah salah satu contoh karya seni yang indah dan rumit. Generasi muda dapat belajar tentang proses pembuatan keris, termasuk pemilihan material, teknik pembentukan, dan hiasan yang digunakan. Hal ini dapat merangsang kreativitas mereka dalam seni dan prakarya."

Menghargai dan Memahami Nilai-Nilai Budaya Leluhur

"Melalui pengenalan terhadap keris, generasi muda dapat belajar menghargai dan memahami nilai-nilai budaya yang diwariskan oleh leluhur mereka. Ini dapat membantu membangun kesadaran akan pentingnya melestarikan dan melindungi warisan budaya Indonesia," lanjut Joko Supratno.

Menurut Mantan DPRD Blora ini, "Keris sering kali dianggap sebagai simbol keberanian dan kebanggaan. Dengan memperkenalkan keris kepada generasi muda, dapat menginspirasi mereka untuk mengembangkan sikap keberanian, kejujuran, dan kebanggaan terhadap identitas budaya mereka."

"Jadi, esensinya pada pengenalan Warisan Budaya, dengan mengenalkan keris kepada generasi muda Indonesia, kita dapat membantu mempertahankan dan menghormati warisan budaya kita, serta membentuk generasi yang menghargai dan memahami kekayaan budaya Indonesia," pungkas Joko Supratno. (HW)

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Joko Sembung Aktivis Blora Ajak Kenalkan Keris pada Generasi Muda
Joko Sembung Aktivis Blora Ajak Kenalkan Keris pada Generasi Muda
Mengenalkan keris kepada generasi muda, kita dapat membantu mempertahankan dan menghormati warisan budaya kita.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9yLBbw7G4PZJHIwv_mj6PQer4poqBop43_2XiSY_bbf7DbQ3sXlToCOzqCqYhyrvoJc3o94URjjTKK0MMLs4fF37RVWWEBMQwEQa8LwpNG5FaR1ZzNJpkIGHLm48cFac2J6GcNzmPT5i-NKB7wCaoe1gTqCfLoaqJasVP4mPA7A5PLcmPFV6xqwuq/s16000/Aktivis%20Joko%20Supratno%20bicara%20Tentang%20Keris%20Blora.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9yLBbw7G4PZJHIwv_mj6PQer4poqBop43_2XiSY_bbf7DbQ3sXlToCOzqCqYhyrvoJc3o94URjjTKK0MMLs4fF37RVWWEBMQwEQa8LwpNG5FaR1ZzNJpkIGHLm48cFac2J6GcNzmPT5i-NKB7wCaoe1gTqCfLoaqJasVP4mPA7A5PLcmPFV6xqwuq/s72-c/Aktivis%20Joko%20Supratno%20bicara%20Tentang%20Keris%20Blora.jpeg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/05/joko-sembung-dan-keris-sebagai-warisan-budaya.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/05/joko-sembung-dan-keris-sebagai-warisan-budaya.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content