Edy Wuryanto : Rancangan UU Kesehatan Sudah Cukup Detail dan Berkeadilan

SHARE:

Nilai-nilai dari RUU Kesehatan dapat memberikan peta jalan dalam transformasi kesehatan yang berlandas keadilan sosial.

Edy Wuryanto, Dalam Pembahasan RUU Kesehatan

RUU Kesehatan sudah selesai dibahas oleh Panitia Kerja (Panja) RUU Kesehatan DPRRI.Dan pada Senin (19/6/2023) Komisi IX DPR RI telah sepakat membawa RUU tersebut ke Rapat Paripurna. Rancangan undang-undang ini dibahas dengan cukup detil dan memperhatikan aspirasi masyarakat. Hal itu disampaikan oleh Edy Wuryanto lewat percakapan WA. 

Edy Wuryanto, anggota Komisi IX DPR RI yang juga anggota Panja RUU Kesehatan ini berharap, "Nilai-nilai dari RUU Kesehatan dapat memberikan peta jalan dalam transformasi kesehatan yang berlandas keadilan sosial bagi seluruh pihak. Baik rakyat sebagai pengguna layanan maupun institusi sebagai pengelola layanan kesehatan."

Sebagai wakil rakyat, Edy mengaku kerap mendengar keluhan masyarakat yang harus menempuh perjalanan jauh untuk mengakses layanan kesehatan. Contohnya di Kecamatan Randublatung, Blora. Kecamatan ini berada di pinggir hutan. Meski masih di Pulau Jawa, ternyata akses kesehatan tidak terlalu baik. “Ada yang sakit akhirnya harus ke Solo atau Semarang,” kata Edy. 

Kurangnya Dokter Spesialis 

Edy Wur menilai, Pemda setempat seperti Pemkab Blora sebenarnya telah menyiapkan fasilitas dan alat kesehatannya. Namun, karena dokter spesialisnya tidak lengkap atau masih kurang, oleh karenanya tidak bisa diberikan izin layanan yang kadang harus melibatkan seorang dokter spesialis untuk penanganannya. 

“Padahal masyarakat ini juga membayar iuran BPJS Kesehatan. Sekarang sudah 90 persen masyarakat menjadi peserta BPJS Kesehatan,” katanya. 

Politisi PDI-Perjuangan itu juga mengkhawatirkan masyarakat yang secara geografis lebih jauh dan sulit seperti halnya masyarakat di Randublatung. “Padahal kesehatan adalah hak dasar masyarakat,” imbuhnya. 

Tidak meratanya layanan kesehatan yang baik, terutama di masyarakat pedesaan, kepulauan, atau terpencil lainnya, merupakan fakta yang tidak bisa disembunyikan. ”RUU Kesehatan ini diharapkan menjadi solusi untuk keadilan sosial di bidang kesehatan,” kata Edy. Legiselator dari Dapil Jawa Tengah III ini ingin agar masyarakat miskin dan berada di daerah sulit; juga dapat merasakan layanan kesehatan prima seperti halnya masyarakat perkotaan. 

Pelayanan Kesehatan yang Berkeadilan

Selama pembahasan Rancangan Undang-Undang Kesehatan, Edy Wur mencoba aktif menyuarakan apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Namun pendapat stakeholder di bidang kesehatan menjadi pertimbangan juga.

“Akhirnya setelah pembahasan yang serius, rumusan RUU Kesehatan ini mengarah pada kepentingan kesehatan masyarakat dan perlindungan tenaga kesehatan, dengan niatan untuk menghilangkan stigma ketidak-adilan di Bidang Kesehatan,” ujarnya.

"RUU Kesehatan yang dibahas secara seksama, langkah pembahasan ini merupakan wujud kehadiran negara untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik. Pada setiap pembahasan, kepentingan berbagai sektor harus dicari titik tengahnya. Semua itu demi keseimbangan dan keadilan,” pungkas Edy Wuryanto. (TEW)

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,429,Berita DPRD,18,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,24,Desa,23,Download,1,Ekonomi,23,Event,24,geologi,1,gerakan,4,Infrastruktur,21,Investasi,1,Kamtibmas,4,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,36,Ketahanan Pangan,1,Layanan,4,Lingkungan HIdup,11,Lowongan Kerja,1,Olahraga,7,Opini Blora,15,Pemerintahan,35,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,15,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,40,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,44,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Edy Wuryanto : Rancangan UU Kesehatan Sudah Cukup Detail dan Berkeadilan
Edy Wuryanto : Rancangan UU Kesehatan Sudah Cukup Detail dan Berkeadilan
Nilai-nilai dari RUU Kesehatan dapat memberikan peta jalan dalam transformasi kesehatan yang berlandas keadilan sosial.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEie_vZ4t6WSNZkOHYNLGuyNMW0n1fjMmmjBSilZQqtW2oKh2mmU9zG-AySnld0plymjWrB_n0n0sn5jkgCkjFgHUnAdXgCnnYEIHRvuL2bAl-xPWL9mffJ8U26rrw1UN4k3OHsscweTYFfoKZalNWITBM_m_pGlnlbhuMIJneTkZ765hZ1zUhQsSjuG8oU/s16000/Edy%20Wuryanto,%20Dalam%20Pembahasan%20RUU%20Kesehatan.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEie_vZ4t6WSNZkOHYNLGuyNMW0n1fjMmmjBSilZQqtW2oKh2mmU9zG-AySnld0plymjWrB_n0n0sn5jkgCkjFgHUnAdXgCnnYEIHRvuL2bAl-xPWL9mffJ8U26rrw1UN4k3OHsscweTYFfoKZalNWITBM_m_pGlnlbhuMIJneTkZ765hZ1zUhQsSjuG8oU/s72-c/Edy%20Wuryanto,%20Dalam%20Pembahasan%20RUU%20Kesehatan.jpeg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/06/nilai-keadilan-ruu-kesehatan.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/06/nilai-keadilan-ruu-kesehatan.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content