KKN IAIN Kudus Kreasikan Botol Bekas Menjadi Pot Tanaman Hias Bersama Peserta Didik SDN Bradag

SHARE:

Sampah plastik di lingkungan sekitar masih banyak, terutama botol yang belum diolah kembali menjadi barang yang ekonomis.

KKN-berusaha-menjangkau-generasi-muda-melalui-edukasi-di-Sekolah-Dasar-Negeri-Bradag

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri Kudus, Desa Bradag Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora, ikut berperan aktif dalam mendukung kesadaran lingkungan. Saat ini sampah, terutama sampah plastik, semakin hari semakin menumpuk. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pengetahuan tentang kesadaran lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah, sejak dini.

Dalam upaya mendukung kesadaran lingkungan, kelompok KKN berusaha menjangkau generasi muda melalui edukasi di Sekolah Dasar Negeri Bradag. Mahasiswa KKN memberikan pembelajaran kepada peserta didik kelas 1 sampai kelas 6 tentang pentingnya menjaga lingkungan, pengurangan sampah plastik, dan cara menjadikannya barang ekonomis. Mereka mengajarkan peserta didik tentang dampak pencemaran yang disebabkan oleh sampah plastik dan pentingnya mengurangi, mendaur ulang, dan menggunakan barang bekas untuk mengatasi masalah sampah menjadi barang ekonomis.

Inisiatif ini bertujuan mengubah sudut pandang peserta didik terhadap sampah dan mengajarkan nilai kebersihan melalui daur ulang. Pada tanggal 12 September 2023, mahasiswa memperkenalkan berbagai jenis sampah yang dapat dijadikan pot tanaman, salah satunya adalah botol bekas. Peserta didik diajak untuk berkreasi dan memodifikasi botol bekas menjadi pot tanaman sesuai kreativitas mereka. Mahasiswa KKN juga menyiapkan tanaman yang akan ditanam di botol bekas yang sudah dibuat. Praktik pembuatan pot ini memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menuangkan kreativitas mereka dan mengajarkan mereka berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan.


Siswa-SDN-Bradag-kreasikan-botol-bekas-sebagai-hiasan-sekolah-bersama-mahasiswa-KKN-IAIN-Kudus

M. Syaiful Anam, salah satu mahasiswa KKN yang terlibat dalam kegiatan tersebut, mengatakan bahwa "Sampah plastik di lingkungan sekitar masih banyak, terutama botol yang belum diolah kembali menjadi barang yang ekonomis. Kami, sebagai mahasiswa KKN, merasa penting untuk berkontribusi secara positif dan bermanfaat di Desa Bradag. Melalui kegiatan ini, kami berharap pengetahuan yang kami ajarkan dapat membantu mereka dalam menjaga lingkungan dan menjadi inspirasi bagi mereka yang melalui kegiatan terkait nilai lingkungan serta kreativitas peserta didik."

Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah dan masyarakat, serta antusiasme peserta didik. Melalui kolaborasi yang aktif dengan masyarakat, para mahasiswa KKN diharapkan terus mendorong dan membantu kesadaran lingkungan serta pemanfaatan lingkungan di masyarakat. Para mahasiswa KKN sangat bersemangat dalam melakukan partisipasi pelestarian lingkungan. Melalui kegiatan ini, diharapkan menjadi panutan bagi generasi muda dan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran lingkungan.

Reporter : Niluh Amelia Firnanda, Mahasiswa Tadris IPS IAIN Kudus.

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: KKN IAIN Kudus Kreasikan Botol Bekas Menjadi Pot Tanaman Hias Bersama Peserta Didik SDN Bradag
KKN IAIN Kudus Kreasikan Botol Bekas Menjadi Pot Tanaman Hias Bersama Peserta Didik SDN Bradag
Sampah plastik di lingkungan sekitar masih banyak, terutama botol yang belum diolah kembali menjadi barang yang ekonomis.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihm9iTG52kPJlsnE7_8yR9_122yL97VRWGiPjUogW9MJhrwn3F9_ilIeqOyMM8amTkSwXDOh04945hxvEBeG2sb3l5Cg2NjaZ4DN1yTXybnPrl1mJAoUyY82X3R5Pw35VCGNG_SkceMwAyEFdZhS8XnIkEER-BZk22AepRqUCAnoDdADPWva1R0L8B87k/w640-h480/KKN-berusaha-menjangkau-generasi-muda-melalui-edukasi-di-Sekolah-Dasar-Negeri-Bradag.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihm9iTG52kPJlsnE7_8yR9_122yL97VRWGiPjUogW9MJhrwn3F9_ilIeqOyMM8amTkSwXDOh04945hxvEBeG2sb3l5Cg2NjaZ4DN1yTXybnPrl1mJAoUyY82X3R5Pw35VCGNG_SkceMwAyEFdZhS8XnIkEER-BZk22AepRqUCAnoDdADPWva1R0L8B87k/s72-w640-c-h480/KKN-berusaha-menjangkau-generasi-muda-melalui-edukasi-di-Sekolah-Dasar-Negeri-Bradag.jpg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/09/kkn-iain-kudus-kreasikan-botol-bekas.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/09/kkn-iain-kudus-kreasikan-botol-bekas.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content