Kaji Abdullah Aminudin PKB : Koperasi Sebagai Soko Guru Perkonomian

SHARE:

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini memberikan pengertian tentang Koperasi sebagai Soko Guru Perekonomian Indonesia.

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini memberikan pengertian  tentang Koperasi sebagai Soko Guru Perekonomian Indonesia

Sebagai Anggota Komisi B yang berhubungan dengan Koperasi dan UMKM, H Abdullah Aminudin mencoba menyegarkan ingatan kita kembali tentang per-koperasian. Lewat percakapan WA, Selasa (23/5/2023)  H Abdullah Aminudin memberikan pengertian tentang Koperasi sebagai Soko Guru Perekonomian Indonesia.

"Secara harfiah, soko guru perkonomian itu bisa diartikan sebagai 'tulang punggung' atau 'tiang penyangga' dalam perekonomian. Istilah 'soko guru' digunakan untuk menggambarkan peran penting koperasi dalam memperkuat perekonomian Indonesia," jelas Kaji Amin panggilan H Abdullah Aminudin kepada BLORAWEB. 

"Koperasi itu didasarkan pada prinsip kolaborasi, usaha bersama dan bersifat kekeluargaan antara anggotanya. Dimanapun, harusnya koperasi berprinsip seperti itu, tidak hanya di Blora, tapi di seluruh Indonesia," ujar Kaji Amin memberikan pendekatan kewilayahan. 

"Dalam koperasi, individu-individu atau kelompok-kelompok yang memiliki kepentingan ekonomi yang serupa bergabung untuk saling membantu dan mendukung satu sama lain. Yang saya maksudkan dengan kelompok itu, untuk koperasi primer ya. Prinsip ini mencerminkan semangat gotong royong dan solidaritas, yang menjadi dasar pembangunan ekonomi Indonesia yang inklusif terbuka dan berkelanjutan," tegas H Abdullah Aminudin. 

Koperasi Sebagai Sarana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Blora

Masih menurut Kaji Amin, melalui koperasi, masyarakat Blora yang menjadi anggota dapat mengakses modal, sumber daya, pasar, dan layanan yang mungkin sulit dijangkau secara individu. Koperasi memberikan kesempatan bagi anggotanya, terutama para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, untuk meningkatkan aksesibilitas, daya saing, dan keberlanjutan usaha mereka.

"Mungkin, bila sendirian, masyarakat akan sulit mendapat modal, resources, sulit menjangkau pasar, tapi melalui 'Koperasi yang Benar-Benar Koperasi', masyarakat akan lebih mudah untuk mengakses itu semua," tutur H Abdullah Aminudin. 

Dijelaskan pula bahwa salah satu prinsip koperasi adalah pemerataan ekonomi dan distribusi kekayaan yang adil. Koperasi berusaha untuk mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial dengan memastikan bahwa manfaat ekonomi yang dihasilkan oleh koperasi secara adil diperoleh oleh semua anggotanya. Hal ini membantu mengurangi ketimpangan dan menciptakan stabilitas sosial di tingkat lokal. Tak terkecuali stabilitas sosial di Kabupaten Blora tercinta. 

"Sebenarnya, Koperasi yang Benar-Benar Koperasi berperan penting dalam pembangunan dan kemandirian ekonomi  Blora. Dengan fokus pada penguatan ekonomi di tingkat komunitas, koperasi dapat membantu menggerakkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blora, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kualitas hidup anggota, dan mengurangi ketergantungan pada sektor ekonomi yang besar dan pusat keuangan, banyak banget pokoknya," jelas Kaji Amin menggebu-gebu. 

"Jadi, Koperasi sebagai Soko Guru Perekonomian Indonesia menggambarkan kontribusi Koperasi yang Benar-Benar Koperasi dalam membangun ekonomi yang inklusif terbuka, adil, berkelanjutan, dan berdasarkan semangat usaha bersama dan kekeluargaan antar anggotanya," pungkas H Abdullah Aminudin sambil berkali-kali menyebut kalimat Koperasi yang Benar-Benar Koperasi dalam beberapa komentarnya. (AW)

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Kaji Abdullah Aminudin PKB : Koperasi Sebagai Soko Guru Perkonomian
Kaji Abdullah Aminudin PKB : Koperasi Sebagai Soko Guru Perkonomian
Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini memberikan pengertian tentang Koperasi sebagai Soko Guru Perekonomian Indonesia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7t-8G2juydGTtMhUBedLNPnMkwzFZd2TlgWeb8Atc1rLN5L9LUKZJ24RnycLGyk3XZIXjfMVYpmFLS7miA7v9I_5V0POH3X4Pcfil7m8TsYF5-7UKwiEV64k9n7eApckDqmRpkwURoj8ae6S7XgT0yFiJkxH3Vl64Gg5rDCDArwkW0NWtF9rLkez3/s16000/Politisi%20dari%20Partai%20Kebangkitan%20Bangsa%20(PKB)%20ini%20memberikan%20pengertian%20tentang%20Koperasi%20Sebagai%20Soko%20Guru%20Perekonomian%20Indonesia.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7t-8G2juydGTtMhUBedLNPnMkwzFZd2TlgWeb8Atc1rLN5L9LUKZJ24RnycLGyk3XZIXjfMVYpmFLS7miA7v9I_5V0POH3X4Pcfil7m8TsYF5-7UKwiEV64k9n7eApckDqmRpkwURoj8ae6S7XgT0yFiJkxH3Vl64Gg5rDCDArwkW0NWtF9rLkez3/s72-c/Politisi%20dari%20Partai%20Kebangkitan%20Bangsa%20(PKB)%20ini%20memberikan%20pengertian%20tentang%20Koperasi%20Sebagai%20Soko%20Guru%20Perekonomian%20Indonesia.jpeg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/05/kaji-abdullah-aminudin-pkb-koperasi-sebagai-soko-guru-perekonomian.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/05/kaji-abdullah-aminudin-pkb-koperasi-sebagai-soko-guru-perekonomian.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content