Pemkab, Polres dan 20 Perguruan Silat Blora Buat Kesepakatan

SHARE:

Di perguruan silat sebenarnya banyak hal positif yang bisa mereka lakukan. Kegiatan positif dengan latihan silat dapat mengembangkan kemampuan.

Wabup-Blora-Tri-Yuli-Setyowati-Kapolres-Blora-Fachrurrozi-Perwakilan-IPSI-Blora-tandatangani-Komitmen-Bersama-Jaga-Harkamtibmas

Pemerintah Kabupaten Blora, Polres Blora dan 20 Perguruan Silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Blora tanda tangani Komitmen Bersama tentang Pemeliharaan Keamanan, Ketertiban dan Kondusifitas Masyarakat di Kabupaten Blora, di aula Arya Guna, Polres Blora,Selasa (9/5/2023).

Kesepakatan berupa dokumen Komitmen Bersama Jaga Harkamtibmas tersebut ditanda-tangani Perwakilan IPSI yang telah memperoleh surat kuasa dari 20 ketua perguruan silat di Blora, Kapolres Blora AKBP Fahrurozi, SIK MH MM dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati ST MM mewakili Bupati Blora Arief Rohman SIP MSi.

Komitmen Bersama Jaga Harkamtibmas ditujukan untuk wujudkan sinergi berkesinambungan antar para pihak dalam menciptakan suasana aman, tertib, tentram dan kondusif di Kabupaten Blora. Pada agreement  tersebut juga diatur hak dan kewajiban antara ketiga belah pihak.

Kapolres-Blora-Fachrurrozi-beri-Sambutan-FGD-bersama-20-perguruan-silat-di-Blora

Komitmen Bersama Sebagai Pedoman Semua Pihak

"Pemerintah Kabupaten Blora menyadari adanya keterbatasan diri dalam mengantisipasi gangguan keamanan, ketertiban dan kondusifitas masyarakat di Kabupaten Blora. Untuk itu kami menggandeng semua pihak, baik dari pihak keamanan serta sedulur-sedulur dari perguruan pencak silat, untuk berpartisipasi aktif didalamnya," ucap Wabup Blora.

Menurut Mbak Etik, panggilan akrab Wabup Blora, salah satu upaya menjaga Harkamtibmas adalah dengan melaksanakan FGD dan mendeklarasikan komitmen bersama untuk menjaga Harkamtibmas.

Dikatakan, komitmen bersama tersebut akan dijadikan pedoman bagi semua pihak dalam penyelenggaraan pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kondusifitas masyarakat Kabupaten Blora.

"Ini sangat penting untuk mewujudkan sinergi yang berkesinambungan bagi semua pihak dalam menciptakan suasana aman, tertib, tentram dan kondusif di Kabupaten Blora. Karena masalah keamanan lingkungan dan daerah bukan hanya tugas aparat keamanan, namun juga tugas seluruh masyarakat," lanjut Wabup Etik.

Seluruh komponen, baik Polri, TNI, maupun masyarakat, dalam hal ini termasuk ormas pencak silat, lanjut Wabup Etik, dapat berperan aktif secara profesional, untuk mencegah dan mendeteksi dini potensi gangguan yang mengancam keamanan dan ketertiban wilayah, baik itu ancaman dari dalam maupun ancaman dari luar.

"Alhamdulillah, pada hari ini Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Blora juga telah menerima kuasa dari 20 (dua puluh) ketua perguruan pencak silat se-Kabupaten Blora, untuk menandatangani Komitmen Bersama. Matur nuwun sedulur-sedulur," kata Wabup memberikan apresiasi.

Komitmen-Bersama-Jaga-Harkamtibmas

Kapolres Ingatkan Moralitas, Etika, dan Hubungan Antar Masyarakat

Kapolres Blora, AKBP Fahrurrozi SIK, MH, MM menyampaikan, generasi penerus di Blora perlu dipersiapkan matang dengan melibatkan semua stake holder.

"Terima kasih kepada Pemkab yang telah menginisiasi Forum Grup Discussion Harkamtibmas, karena ini sangat penting. Karena menyangkut generasi penerus kita. Blora ke depan adalah tanggung-jawab kita bersama. Secara moral, kita ikut bertanggung-jawab atas pertumbuhan dan perilaku generasi penerus," Jelasnya

Disampaikan Kapolres tentang masih adanya sejumlah anak yang belum matang pemikirannya kemudian ikut perguruan silat, hanya untuk menunjukkan aktualitas dirinya, tetapi dengan cara yang tidak baik. Dengan demikian mereka perlu diberi pemahaman tentang hal-hal positif apa yang bisa mereka dapatkan dari perguruan silat yang mereka ikuti.

AKBP Fachrurrozi SIK MH MM menegaskan bahwa sejumlah peristiwa kerawanan sosial akibat gesekan antar perguruan perlu menjadi perhatian, untuk dicegah agar tidak meluas.

Kapolres Blora Fachrurrozi menyambut baik kehadiran para Ketua Perguruan Silat Blora pada acara FGD serta penanda-tanganan Komitmen Bersama Jaga Harkamtibmas.

"Di perguruan silat sebenarnya banyak hal positif yang bisa mereka lakukan. Kegiatan positif dengan latihan silat dapat mengembangkan kemampuan dan potensinya. Tapi anak-anak perlu diingatkan kembali terkait moralitas, etika, dan hubungan antar masyarakat yang harmonis," pesan Kapolres Blora.

Komitmen-Bersama-Jaga-Harkamtibmas

IPSI Siap Mempedomani Komitmen Bersama Jaga Harkamtibmas

Perwakilan IPSI Blora, Sumarno, menyambut baik penanda-tanganan Komitmen Bersama Jaga Harkamtibmas. Menurutnya, dengan adanya kesepakatan bersama itu, dapat menjadi pedoman semua pihak untuk betul-betul turut memelihara keamanan dan ketertiban.  Sehingga kondusifitas masyarakat Kabupaten Blora selalu terjaga dengan baik.

Hadir dalam acara FGD dan penandatanganan Komitmen Bersama Jaga Harkamtibmas di Polres Blora tersebut, Forkopimda Blora, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Blora, Kepala Kesbangpol Blora, PJU Polres Blora, Camat dan Forkopimcam se -Kab Blora, IPSI Blora, dan ketua perguruan silat se -Kabupaten Blora. (TIF)

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Pemkab, Polres dan 20 Perguruan Silat Blora Buat Kesepakatan
Pemkab, Polres dan 20 Perguruan Silat Blora Buat Kesepakatan
Di perguruan silat sebenarnya banyak hal positif yang bisa mereka lakukan. Kegiatan positif dengan latihan silat dapat mengembangkan kemampuan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXrgywT99jbOjwDdDKldKBte3nUB0UGHaPom9zjv_uWljDrM9ffWuGuSzvwO8PheaVnkdvM0KYYSBWtvzKaDjv3tKA1QzKs2AubhCpm1s-flhznbBOW-wfLNNhuRNq3MExaPvz9ry-grXM7mKvgQeQ15RN1_8El54CCV4EeyJfGk2bJvUh8YSckioS/s16000/04-Wabup-Blora-Tri-Yuli-Setyowati-Kapolres-Blora-Fachrurrozi-Perwakilan-IPSI-Blora-tandatangani-Komitmen-Bersama-Jaga-Harkamtibmas.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXrgywT99jbOjwDdDKldKBte3nUB0UGHaPom9zjv_uWljDrM9ffWuGuSzvwO8PheaVnkdvM0KYYSBWtvzKaDjv3tKA1QzKs2AubhCpm1s-flhznbBOW-wfLNNhuRNq3MExaPvz9ry-grXM7mKvgQeQ15RN1_8El54CCV4EeyJfGk2bJvUh8YSckioS/s72-c/04-Wabup-Blora-Tri-Yuli-Setyowati-Kapolres-Blora-Fachrurrozi-Perwakilan-IPSI-Blora-tandatangani-Komitmen-Bersama-Jaga-Harkamtibmas.jpg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/05/pemkab-polres-dan-20-perguruan-silat-buat-kesepakatan.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/05/pemkab-polres-dan-20-perguruan-silat-buat-kesepakatan.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content