Nilai Positif Kirab Pusaka Kabupaten Blora Menurut Joko Sembung

SHARE:

Dari beberapa sumber, dan ini bisa dilogika, kirab pusaka keraton itu merupakan upaya pelestarian budaya tradisional Jawa.

Kirab pusaka Blora

Sama halnya kirab pusaka Keraton Jawa seperti Solo Jogja dan mungkin juga Cirebon, Kirab pusaka Kabupaten Blora yang diadakan setiap bulan Desember kurang lebih punya tujuan sama. Tujuan utamanya adalah untuk melestarikan Budaya Jawa, kata Joko Supratno aktivis Blora pada percakapan WA, Jumat (9/6/2023). 

"Dari beberapa sumber, dan ini bisa dilogika, kirab pusaka keraton itu merupakan upaya pelestarian budaya tradisional Jawa, dengan cara memperkenalkan tradisi itu kepada generasi muda serta masyarakat luas. Pada acara seperti ini, pusaka-pusaka keraton yang memiliki nilai sejarah, keagamaan, dan budaya dibawa keliling untuk dipamerkan kepada masyarakat," kata Joko Sembung yang disingkat Joksem panggilan akrab Joko Supratno.

Joko Sembung Cerita tentang Makna Kirab Pusaka

Sebagai Media untuk Mempererat Hubungan Pemerintah dengan Masyarakat

"Seperti halnya Kirab pusaka keraton Jawa, kirab pusaka Kabupaten Blora jadi bagian tradisi ritual yang dilakukan secara berkala oleh Pemkab Blora. Bedanya, kalau di Keraton biasa dilakukan untuk memperingati hari-hari besar keagamaan atau peristiwa penting dalam sejarah keraton. Kalau di Blora, hanya pada saat Hari Ulang Tahun Kabupaten Blora saja. Kirab pusaka menjadi momen untuk merayakan dan menghormati warisan budaya," lanjut Joksem. 

Masih menurut Joksem, kirab pusaka juga dapat digunakan sebagai media untuk mempererat hubungan antara pemerintah setempat dengan masyarakat sekitar. Dalam acara ini, masyarakat diberi kesempatan untuk melihat secara dekat pusaka-pusaka bersejarah yang biasanya hanya disimpan di dalam keraton atau rumah dinas Bupati. Dari situ diharapkan, kirab pusaka dapat menciptakan rasa kebersamaan dan kebanggaan akan warisan budaya yang dimiliki bersama.

Sebagai Sarana Show of Force Sekaligus untuk Menarik Wisatawan

"Kirab pusaka juga boleh diartikan sebagai show of power, show of force. Tapi, power atau force disini dimaknai yang lebih positif, yaitu pada potensi SDM dan legitimasi pemerintahan. Dalam perjalanan kirab, pusaka-pusaka keraton atau Kabupaten Blora ditampilkan dengan khidmat, diiringi oleh para pejabat yang menjadi public figure. Itu dapat memperkuat citra dan otoritas pemerintahan yang sah di mata masyarakat," ungkap Joksem. 

"Dan masyarakat kita kan senang melihat keramaian atau arak-arakan. Seperti halnya kirab pusaka keraton di Jawa, kirab pusaka Kabupaten Blora punya potensi sama untuk menarik wisatawan, terutama wisatawan lokal. Pusaka-pusaka bersejarah yang dipamerkan dan prosesi kirab yang kental dengan nuansa tradisional dapat menjadi daya tarik wisata budaya," pungkas Joko Supratno. (HW)


KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Nilai Positif Kirab Pusaka Kabupaten Blora Menurut Joko Sembung
Nilai Positif Kirab Pusaka Kabupaten Blora Menurut Joko Sembung
Dari beberapa sumber, dan ini bisa dilogika, kirab pusaka keraton itu merupakan upaya pelestarian budaya tradisional Jawa.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiydv9EiUswleLDRwcH9RB-NpVvJrFiSAMQ2rVs4BdwvMbJlKFt80mYlsJgzf35S5c28yvkh008sHLbv3J62oZWv0TxSwgqR9wJ36NeWcyuRraYosCTM-idZ-VnDL8TK-WnYr5MQE7cqJeN6V73BNCgAJZGnrHFy-Vn0znSjThxQ0h8ep4DFdvp7wI3/s16000/Kirab%20pusaka%20Blora.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiydv9EiUswleLDRwcH9RB-NpVvJrFiSAMQ2rVs4BdwvMbJlKFt80mYlsJgzf35S5c28yvkh008sHLbv3J62oZWv0TxSwgqR9wJ36NeWcyuRraYosCTM-idZ-VnDL8TK-WnYr5MQE7cqJeN6V73BNCgAJZGnrHFy-Vn0znSjThxQ0h8ep4DFdvp7wI3/s72-c/Kirab%20pusaka%20Blora.JPG
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/06/nilai-positif-kirab-pusaka-kabupaten.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/06/nilai-positif-kirab-pusaka-kabupaten.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content