Sinergitas Pemdes dengan Dunia Pendidikan Lewat Event Pelepasan dan Gelar P5

SHARE:

Korwil Bidik Bogorejo Pamuji juga memberikan apresiasi positif akan sinergitas yang telah terjalin dengan baik antara SDN 2 Bogorejo dengan Pemdes.

Kepala-Sekolah-dan-wali-murid-SDN-2-Bogorejo

 Tak ketinggalan dengan sekolah-sekolah lain di Kabupaten Blora, SDN 2 Bogorejo pada Rabu (14/6/2023) juga mengadakan seremoni pelepasan Siswa Kelas VI atas permintaan siswa dan orang tua siswa. 

"Berangkat dari permintaan kegiatan tersebut, kami sisipkan acara Gelar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)," kata Kepala Sekolah SDN 2 Bogorejo Surati SPd MPd.

Hadir pada seremoni Pelepasan Siswa Kelas VI dan Gelar P5 tersebut, Korwil Bidik Kec Bogorejo, Kepala Desa Bogorejo, Pengawas PAI Korwil Bidik Bogorejo dan para Wali Murid.

Acara diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya dilanjutkan pembacaaan hafalan Surat-Surat Pendek dalam Al Qur'an. Kemudian disambung dengan indahnya tari dolanan anak Cublek-Cublek Suweng dan tari kreasi baru yang mengambil judul "wonderful" yang dibawakan dengan lincah ceria oleh siswa-siswa SDN 2 Bogorejo. 

Tarian-Wonderfull-SDN-2-Bogorejo

Laporan Panitia

Ketua Panitia Subagio S Pd melaporkan,  dari ke-13 anak kelas VI  yang terdiri dari 9 siswa putra dan 4 siswa putri dinyatakan lulus semua. Selain itu, Subagio berpesan agar orang tua memotivasi anak untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi

Dari laporan Subagio, dapat diketahui ternyata pada setiap hari Jumat setiap anak SD 2 Bogorejo diarahkan untuk menghafal Juz 'Ama sehingga rata-rata pada saat siswa naik kelas lima hampir dapat dipastikan telah menyelesaikan hafalan Qur'an sebanyak 1 Juz, yaitu Juz 'Ama. 

Subagio juga menerangkan bahwa dalam penerapan kurikulum merdeka anak menjadi lebih berkembang minat dan bakatnya. Salah satu pembuktiannya adalah dengan ditampilkan seni tari dalam kegiatan perpisahan ini.

Kepala-Sekolah-SDN-2-Bogorejo-bersama-Kades-Bogorejo-Aang

Sambutan Kepala Sekolah SDN 2 Bogorejo

Pada kesempatan itu, selain memberikan apresiasi positif kepada Pemerintah Desa Bogorejo, Kepala Sekolah SDN 2 Bogorejo Surati S Pd MPd menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh wali murid jika masih dijumpai kekurangan dalam mendidik anak-anak mereka selama masih mengenyam bangku sekolah yang dia pimpin.  

"Sekarang saatnya, putra-putri Bapak Ibu saya serahkan kembali. Kami berpesan agar Bapak Ibu selalu mendorong dan memotivasi anak-anak kita untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi," ucap Surati. 

Surati juga menjelaskan perbedaan mendasar antara "memotivasi" dengan "memaksa" dengan segala konsekuensi yang dapat ditimbulkannya.  Selain itu, Surati juga meminta orang tua murid memberikan perhatian dan waktunya untuk menyempatkan diri mengawasi penggunaan gadget anak-anaknya. 

Terakhir dalam sambutannya, Kepala Sekolah SDN 2 Bogorejo juga mohon dukungan para wali murid kelas 1 sampai 5 untuk membuat SDN 2 Bogorejo lebih maju lagi.  

Sambutan-Korwil-Bidik-Bogorejo-Pamuji

Sambutan Korwil Bidik Kecamatan Bogorejo

Koordinator Wilayah Pembinaan Pendidikan Kecamatan Bogorejo  Pamuji SPd MM dalam sambutannya memberikan apresiasi positif pada SDN 2 Bogorejo karena, "Selama ini SDN 2 Bogorejo selalu mendapatkan juara sehingga berhak mewakili Kecamatan Bogorejo pada kegiatan-kegiatan lomba di tingkat Kabupaten Blora," tuturnya.  

Pada kesempatan itu, Pamuji berpesan agar prestasi yang diraih SDN 2 Bogorejo dapat dipertahankan. 

Pamuji juga menyampaikan kekagumannya pada pencapaian siswa-siswa SDN 2 Bogorejo yang rata-rata telah hafal Surat-Surat Pendek dalam Al Qur'an. "Mengagumkan, kegiatan seperti ini dibuka dengan hafalan surat-surat pendek," ungkapnya. 

Pamuji berpesan agar pendidikan karakter yang sesuai dengan kearifan lokal dan budaya setempat tetap dipertahankan, seperti anak-anak yang langsung menyambut guru kelasnya setiap pagi dengan 'salim' dan 'cium tangan'. 

"Hal seperti itu jangan sampai dimaknai sebagai upaya melanggengkan feodalisme, tapi harus dimaknai sebagai upaya melestarikan kebiasaan baik sejak dini pada anak-anak didik," tutur Korwil Bidik Bogorejo.

Para-Peserta-pelepasan-SDN-2-Bogorejo-Angkatan-2023

Apresiasi Atas Sinergitas antara Sekolah dengan Pemerintah Desa

Korwil Bidik Bogorejo Pamuji juga memberikan apresiasi positif akan sinergitas yang telah terjalin dengan baik antara SDN 2 Bogorejo dengan Pemerintah Desa Bogorejo dibawah kepemimpinan Farid Aang Muallifi sebagai generasi muda yang kreatif dan multi talenta. 

Sebagai informasi, menurut Kemendikbudristek No.56/M/2022, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang biasa disingkat dengan P5 adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk memperkuat upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang dibuat berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. (AGP)


KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Sinergitas Pemdes dengan Dunia Pendidikan Lewat Event Pelepasan dan Gelar P5
Sinergitas Pemdes dengan Dunia Pendidikan Lewat Event Pelepasan dan Gelar P5
Korwil Bidik Bogorejo Pamuji juga memberikan apresiasi positif akan sinergitas yang telah terjalin dengan baik antara SDN 2 Bogorejo dengan Pemdes.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigz9ofxCMW34K84s1yx4ksBAD7XDtKwtMM8P9PLM7SME2rkOnCuGMf1YHFCOUtBSyTH0EaybY_ts4Q0lJLzqejn58yGr7gx9_bTSo9QQ3ERo62gkpvA412sHNorZKXLAj-BIAdAWIbAEwQ4ZH-uxhiRzSWPbMiuN9lUTmUDKnej3q6tkjb0QayclUe/s16000/Kepala-Sekolah-dan-wali-murid-SDN-2-Bogorejo.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigz9ofxCMW34K84s1yx4ksBAD7XDtKwtMM8P9PLM7SME2rkOnCuGMf1YHFCOUtBSyTH0EaybY_ts4Q0lJLzqejn58yGr7gx9_bTSo9QQ3ERo62gkpvA412sHNorZKXLAj-BIAdAWIbAEwQ4ZH-uxhiRzSWPbMiuN9lUTmUDKnej3q6tkjb0QayclUe/s72-c/Kepala-Sekolah-dan-wali-murid-SDN-2-Bogorejo.jpg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/06/sinergitas-pemdes-dan-pendidikan.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/06/sinergitas-pemdes-dan-pendidikan.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content