Bupati Blora Kembali Gaungkan Sekolah Adiwiyata

SHARE:

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berwawasan lingkungan.

Bupati Blora bina Pendidik untuk Kembali Menjalankan Program Sekolah Adiwiyata

Bupati Blora apresiasi implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah Blora. Bupati juga berpesan agar sekolah memasukkan materi pengelolaan sampah dalam P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka, dalam rangka membangun kebiasaan hidup bersih dan sehat sejak dini.

"Setiap Sekolah harus menjadi Sekolah Adiwiyata, yaitu membangun sekolah yang berwawasan lingkungan, menciptakan suasana sekolah yang bersih, sehat dan nyaman untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Ketika lingkungan sehat maka siswa pun sehat sehingga prestasi sekolah bisa meningkat," ujarnya pada Pembinaannya di KORWIL BIDIK Kecamatan Blora Kota, Rabu (3/5/2023).

Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup.

Indeks Pembangunan Manusia Blora Meningkat

Bupati Blora, H. Arief Rohman, jelaskan, di tahun 2022, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Blora naik 0,58 poin menjadi 69,95. Angka Rata-rata Lama Sekolah bertambah sebesar 0,11 /tahun atau menjadi 7,01/ tahun pada tahun 2022.

"Angka Harapan Lama Sekolah tahun 2022 naik 0,09 tahun, menjadi selama 12,44 tahun, ini setara lulus SMA atau semester 1 kuliah," rincinya.

Menurut Bupati Arief, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

"Kita masih mempunyai Anak Tidak Sekolah (ATS), ini adalah PR kita untuk menanganinya," tuturnya.

Dikatakan, desa-desa yang angka ATS -nya masih tinggi biasanya rentan terjadinya pernikahan dini. Sedangkan angka pernikahan dini terbukti berbanding lurus dengan peningkatan angka stunting.

"Saya juga minta peran bapak ibu guru dan keluarga besar korwil bidik untuk hal tersebut. Untuk Sesarengan Mbangun Blora, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," tandasnya.

Guru-guru Kecamatan Blora Kota pada acara Pembinaan Bupati Blora di Gedung Larasati Blora 2023

Asimilasi Pendidikan Karakter dan Pendidikan Agama

Selanjutnya, pendidikan karakter dan agama ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan, karena masing-masing saling membutuhkan dan bernilai lebih, menyeimbangkan dan saling melengkapi.

"Kurangnya pendidikan karakter, pendampingan, teladan dan pendidikan agama adalah faktor penyebab menurunnya moral para pelajar atau generasi muda pada umumnya," imbuhnya.

Untuk itu Bupati Arief berharap kepada para guru untuk mendidik anak didiknya dengan lebih baik, supaya kelak anak didiknya menjadi anak yang berkualitas.

"Saya juga berharap agar niat ikhlas para guru dalam melaksanakan tugas selama ini terus dikuatkan. Sebab tantangan pendidikan ke depan akan semakin besar. Ini adalah momentum untuk introspeksi diri demi kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Blora," harap Bupati Blora.

Terbuka Menerima Kritik dan Saran

Di sisi lain, Bupati menyadari sepenuhnya, masih banyak kekurangan di sisi pembangunan Kabupaten Blora. Untuk itu, saya beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Blora menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dan ketidaksempurnaan.

"Pemerintah Kabupaten Blora senantiasa membuka diri dalam menerima masukan, usul, saran serta kerja sama untuk kelanjutan pembangunan ke depan.Saya ucapkan terima kasih atas peran aktif masyarakat, termasuk Korwil Bidik Kecamatan Blora di dalamnya, dalam mengawal program pembangunan. Hal ini tentu demi satu tujuan yang sama yakni mewujudkan Blora yang Unggul dan Berdaya Saing," pungkasnya. (TIF)

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Bupati Blora Kembali Gaungkan Sekolah Adiwiyata
Bupati Blora Kembali Gaungkan Sekolah Adiwiyata
Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berwawasan lingkungan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwHp1xPWfZtUtorq6UJcCzySnkdej3isWaFGCE4T_QkzfWho1a7ktn4pWBoMQVzO_QjiMvpl2_eSbrbaFDukY-KsgT-i-lMlQdik-TIKLoe_lAGjmTKH4Gl4EGb8owBzEY00uPCRRXMiFvp6HvkULF-IS0vzDzh_MMyt-sI1ji2oZP5eHBI7vVqpmA/s16000/Bupati-Blora-bina-Pendidik-untuk-Kembali-Menjalankan-Program-Sekolah-Adiwiyata.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwHp1xPWfZtUtorq6UJcCzySnkdej3isWaFGCE4T_QkzfWho1a7ktn4pWBoMQVzO_QjiMvpl2_eSbrbaFDukY-KsgT-i-lMlQdik-TIKLoe_lAGjmTKH4Gl4EGb8owBzEY00uPCRRXMiFvp6HvkULF-IS0vzDzh_MMyt-sI1ji2oZP5eHBI7vVqpmA/s72-c/Bupati-Blora-bina-Pendidik-untuk-Kembali-Menjalankan-Program-Sekolah-Adiwiyata.jpg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/05/bupati-blora-kembali-gaungkan-sekolah-adiwiyata.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/05/bupati-blora-kembali-gaungkan-sekolah-adiwiyata.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content