Kaji Suyono Perindo : Bangun Embung Tiap Kelurahan atau Desa

SHARE:

Permasalahan kekeringan yang diakibatkan siklus musim pada tahun-tahun tertentu, solusinya adalah pembangunan embung di tiap-tiap Desa atau Kelurahan.

H Suyono Perindo Blora belajar pada Petani Blora

H Suyono Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Blora telah lama soroti pentingnya infrastruktur  embung di Kabupaten Blora. Pada percakapan WA pada Selasa (23/3/2023) politisi Partai Perindo ini mengawali dengan permasalahan kekeringan yang diakibatkan siklus musim pada tahun-tahun tertentu. Dan solusinya adalah dengan pembangunan embung di tiap-tiap Desa atau Kelurahan di Seluruh Kabupaten Blora. 

"Sepengetahuan saya, embung juga dikenal sebagai blumbang gede, biasanya dibangun di pinggir areal persawahan. Jadi, merupakan struktur buatan, dirancang untuk menyimpan air hujan. Sebenarnya gitu, bukan hanya air hujan saja tapi juga aliran sungai," terang Kaji Yon panggilan akrab H Suyono. 

Salah satu kegiatan H Suyono PERINDO memberikan sekedar bingkisan pada para petani Blora
Dokumentasi foto : BLORAWEB. Sebagai ilustrasi.

Manfaat Embung Bagi Masyarakat Desa Blora

Menurut Kaji Yon, embung dapat menyimpan air hujan. Simpanan air tersebut kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti irigasi pertanian, pasokan air minum, bahkan kebutuhan industri kecil. Embung membantu mengatasi masalah kekurangan air, terutama di daerah yang memiliki musim kering seperti di Kabupaten Blora.

"Ada satu hal yang kadang jarang disadari. Embung itu dapat mengurangi risiko banjir. Aliran air saat curah hujan tinggi dapat langsung mengalir di embung dan ditahan sesuai kapasitasnya. Air yang disimpan di embung dapat dikendalikan dan dialirkan secara teratur sehingga dapat mengurangi beban pada saluran sungai dan daerah aliran sungai," jelas H Suyono.

"Tapi tetap perlu diesel pompa air dan keterlibatan manusia untuk mengatur keluar masuknya air embung ini," sergah Kaji Yon.  

"Kalau mau dihubung-hubungkan, karena dapat menahan laju aliran air, maka dengan sendirinya embung dapat membantu mengurangi erosi di kiri kanan aliran air. Erosi itu terjadi salah satunya disebabkan terlalu derasnya aliran air," ucap H Suyono.

Seorang Petani Blora menjelaskan tentang pentingnya Embung kepada H Suyono PERINDO Blora
Dokumentasi foto : BLORAWEB. Sebagai ilustrasi.

Sisi Lain Manfaat Embung bagi Masyarakat Kabupaten Blora

"Dan satu lagi, embung juga dapat digunakan untuk kegiatan rekreasi seperti olahraga air, pemancingan, dan ekowisata. Selain itu, embung juga dapat berkontribusi pada konservasi keanekaragaman hayati dengan menciptakan habitat baru bagi flora dan fauna air," jelas Kaji Yon. 

"Teorinya seperti itu. Tapi pada pelaksanaannya jelas memerlukan kajian teknis dari para teknokrat yang duduk di PUPR Blora. Jadi bagaimana tentang perencanaan, pelaksanaan, maupun perawatannya sehingga bangunan embung ini jadi sangat bermanfaat dan aman bagi penduduk sekitar embung di Kabupaten Blora," pungkas H Suyono. (HW)


KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Kaji Suyono Perindo : Bangun Embung Tiap Kelurahan atau Desa
Kaji Suyono Perindo : Bangun Embung Tiap Kelurahan atau Desa
Permasalahan kekeringan yang diakibatkan siklus musim pada tahun-tahun tertentu, solusinya adalah pembangunan embung di tiap-tiap Desa atau Kelurahan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhU0PZwECAA1q0DT79imXqrnc-S1r0kmS1i1atJUEB-WvQd9OWEI7yXw21KDCTChLag76F5c-k5QTkIVFYa-9uya-IEo2AtQ7Fvnq1nIq2XzZJavnWc8qlVhRgKwcgGn3aZj7-rEFgXgmllXI9IUBG3-SwHSrqy71tesHqkQfV44w2IxoYCVW7ByEUH/s16000/H%20Suyono%20Perindo%20Blora%20belajar%20pada%20Petani%20Blora.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhU0PZwECAA1q0DT79imXqrnc-S1r0kmS1i1atJUEB-WvQd9OWEI7yXw21KDCTChLag76F5c-k5QTkIVFYa-9uya-IEo2AtQ7Fvnq1nIq2XzZJavnWc8qlVhRgKwcgGn3aZj7-rEFgXgmllXI9IUBG3-SwHSrqy71tesHqkQfV44w2IxoYCVW7ByEUH/s72-c/H%20Suyono%20Perindo%20Blora%20belajar%20pada%20Petani%20Blora.jpeg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/05/kaji-suyono-perindo-aspirasikan-bangun-embung-tiap-desa-kelurahan.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/05/kaji-suyono-perindo-aspirasikan-bangun-embung-tiap-desa-kelurahan.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content