Arti Penting Generasi Milenial dan Generasi Z dalam Berbangsa dan Bernegara

SHARE:

Sepele kelihatannya, tapi sangat besar impact yang ditimbulkannya untuk menumbuhkan semangat Cinta Tanah Air dan Bela Negara,

M Ahmad Faishol

Verifikasi informasi sangat penting, bukan hanya dari sumber berita, tapi juga perlu menggunakan hati. Sikap skeptis pada berita-berita yang bersifat provokatif sangat diperlukan untuk menghindari berita hoax. Hal itu disampaikan Anggota DPRD Blora yang dicalonkan menjadi DPRRI M Ahmad Faishol paska temui kaum milenial dan generasi Z di wilayah Tunjungan Blora, Senin (5/6/2023). 

"Apalagi pada tahun-tahun politik seperti ini, produksi berita hoax oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung-jawab akan meningkat tajam. Terutama yang berhubungan dengan pemilu, yang disebarkan melalui media sosial, dan dikemas seolah-olah dari situs berita terpercaya," tutur Gus Fais panggilan akrab M Ahmad Faishol.

Ajak Generasi Milenial dan Generasi Z Verifikasi Berita Provokatif

"Kita ajak generasi milenial dan generasi Z untuk verifikasi ulang setiap berita provokatif maupun kontroversial yang diterima mereka. Baik itu yang mereka terima lewat gadget maupun cerita dari mulut ke mulut. Jangan terburu-buru ikut menyebarkan berita semacam itu," tambah Gus Fais sambil menyebut salah satu dalil pendukung. 

Gus Fais mewanti-wanti agar generasi milenial dan generasi Z jangan sampai terpancing ikut komentari konten-konten kontroversial dan provokatif. 

"Misalnya, video kejadian di tempat lain, oleh orang lain diframing seperti dilakukan oleh orang di sekitar kita. Akhirnya, kita jadi mencurigai seseorang yang perawakannya seperti orang yang ada pada video itu. Kalau kita terpancing ikut komentar provokatif dan ternyata salah, kita bisa dituntut pasal ujaran kebencian atau paling tidak perbuatan tidak menyenangkan," tegas Gus Fais. 

"Dan framing-framing semacam ini, tidak hanya menimpa artis atau tokoh-tokoh politik Nasional, namun kerap merambah sampai public figure tingkat bawah. Yang benar bisa diframing salah, yang salah bisa diframing benar. Ujung-ujungnya memperkusi, menyudutkan Pemerintahan yang Sah atas nama perubahan, HAM, kedaulatan dan apapun itu," tandas Gus Fais. 

Peran Generasi Milenial dan Generasi Z yang Langsung Dapat Dipraktekkan

"Maka kemarin kita ingatkan agar para pelajar, generasi milenial tidak mudah terpancing isu hoaks. Lebih bijak menggunakan media sosial, dan jangan sekali-kali melakukan ujaran kebencian di media sosial. Apalagi kalau sudah berkaitan dengan Pemilu 2024," ucapnya.

"Dan kita ingatkan bahwa peran mereka, para Generasi Milenial dan Generasi Z sangat diperlukan oleh bangsa dan Negara saat ini. Sebagai Agen Penjaga Perdamaian Negeri. Salah satunya adalah dengan turut memverifikasi setiap berita yang bersifat provokatif dan kontroversial. Itu langsung dapat dipraktekkan setiap hari," kata Gus Faishol.

"Bila seruan tentang arti penting para Generasi Milenial dan Generasi Z terus disampaikan, maka rasanya kesadaran kolektif akan terbentuk. Sepele kelihatannya, tapi sangat besar impact yang ditimbulkannya untuk menumbuhkan semangat Cinta Tanah Air dan Bela Negara," pungkas M Ahmad Faishol Nadjib. (AW) 

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Arti Penting Generasi Milenial dan Generasi Z dalam Berbangsa dan Bernegara
Arti Penting Generasi Milenial dan Generasi Z dalam Berbangsa dan Bernegara
Sepele kelihatannya, tapi sangat besar impact yang ditimbulkannya untuk menumbuhkan semangat Cinta Tanah Air dan Bela Negara,
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEia2gQWHsvY_94W2T3fAw0ILQl7Ri6kpHcoWzhRhUdn59snkjtHJjmnNtuOGn4Joad_sqMt8RX-ZopvsQfzCV0JALbXnitIG9hM6-ysVFtm3kJJGb4LiViiXwlr4mISGk44vpPQpdg47NrTK-_2lVm6hcpG1a_AZ28dctHPLD4DBCN7wzTB4wz1gcC6/s16000/Gus%20Faishol%20PPP%20Blora.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEia2gQWHsvY_94W2T3fAw0ILQl7Ri6kpHcoWzhRhUdn59snkjtHJjmnNtuOGn4Joad_sqMt8RX-ZopvsQfzCV0JALbXnitIG9hM6-ysVFtm3kJJGb4LiViiXwlr4mISGk44vpPQpdg47NrTK-_2lVm6hcpG1a_AZ28dctHPLD4DBCN7wzTB4wz1gcC6/s72-c/Gus%20Faishol%20PPP%20Blora.jpeg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/06/arti-penting-generasi-milenial-dan-generasi-z.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/06/arti-penting-generasi-milenial-dan-generasi-z.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content