Saiful Arifin PPP : Sedekah Bumi Manifestasi Rasa Syukur Masyarakat

SHARE:

Sedekah bumi merupakan manifestasi rasa syukur masyarakat Desa Sumber terhadap berkah yang mereka terima.

Saiful Arifin PPP Blora dan Camat Kradenan Tarkun pada acara Sedekah Bumi di Wates Sumber Kradenan Blora

Pada Sabtu (17/06/2023), masyarakat Dukuh Wates, Desa Sumber, Kecamatan Keradenan Kabupaten Blora, Jawa Tengah, merayakan tradisi sedekah bumi dengan penuh sukacita. Sedekah bumi adalah upacara adat yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas berkah rezeki yang diberikan melalui bumi.

Masyarakat Dukuh Wates menjalankan tradisi ini setiap tahun, menjelang Hari Raya Idul Adha. Mereka membawa berbagai makanan dalam bentuk gunungan yang diarak keliling desa. Selain itu, kesenian tradisional seperti Barongan dan Reog turut meramaikan suasana sedekah bumi. Acara ini juga dihadiri oleh wisatawan dari dalam dan luar kota Blora.

Juga Media Meningkatkan Meningkatkan Kerukunan

Salah satu warga Dukuh Wates, Saiful Ariifin, yang juga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Blora, menjelaskan bahwa sedekah bumi merupakan manifestasi rasa syukur masyarakat Desa Sumber terhadap berkah yang mereka terima. Tradisi ini juga berfungsi sebagai wadah untuk meningkatkan kerukunan dan keharmonisan antara warga.

Menurut Saiful, melalui tradisi sedekah bumi, diharapkan masyarakat bisa lebih bersyukur atas berkah yang diterima dan memahami arti pentingnya saling berbagi. Acara ini juga memberikan hiburan kepada masyarakat serta kemudahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Masyarakat Dukuh Wates sangat menantikan tradisi ini setiap tahun, karena tradisi ini mempererat hubungan sosial di antara mereka.

Gunungan Hasil Bumi yang dikawal oleh anak perawan diarak keliling desa.

Antusiasme Wisatawan Lokal Terhadap Karnaval dan Arak-arakan Gunungan

Sementara itu, Annisa, salah satu wisatawan yang menghadiri acara sedekah bumi, merasa senang dan mengaku datang khusus untuk melihat keunikan tradisi ini. Ia menikmati suasana karnaval dan acara hiburan yang diadakan setiap tahun. 

Tradisi sedekah bumi di Dukuh Wates, Desa Sumber, menjadi perayaan yang meriah, di mana gunungan hasil bumi diarak oleh ratusan warga, dan berbagai penampilan seni seperti Barongan, Reog, dan kostum-kostum menambah semarak acara tersebut.

Setelah diarak, gunungan hasil bumi tersebut ditempatkan di lapangan olahraga setempat dan didoakan untuk mendapatkan berkah. Gunungan ini kemudian menjadi rebutan warga yang ingin mendapatkan berkah bagi keluarganya.

Arak-arakan Gunungan pada Acara Sedekah Bumi di Desa Sumber Kecamatan Keradenan Blora

Sebagai Media Meningkatkan Gotong-Royong Warga

Camat Kradenan, Tarkun, pada kesempatan itu mengungkapkan bahwa tradisi sedekah bumi ini bukan hanya untuk menjaga warisan budaya leluhur, tetapi juga sebagai momentum untuk meningkatkan kekompakan dan gotong-royong dalam masyarakat. Pemerintah desa setempat didorong untuk menjadikan acara sedekah bumi dan kegiatan bersih desa sebagai agenda rutin yang dapat menarik wisatawan.

Tradisi sedekah bumi menjadi bukti nyata rasa peduli dan perhatian terhadap bumi tempat kita tinggal. Melalui tradisi ini, diharapkan hubungan antara pemerintah desa dan masyarakat semakin erat, dan jiwa sosial serta gotong-royong terus tumbuh. Tradisi ini adalah bagian dari warisan nenek moyang dan kearifan lokal yang perlu dilestarikan. (AW)

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Saiful Arifin PPP : Sedekah Bumi Manifestasi Rasa Syukur Masyarakat
Saiful Arifin PPP : Sedekah Bumi Manifestasi Rasa Syukur Masyarakat
Sedekah bumi merupakan manifestasi rasa syukur masyarakat Desa Sumber terhadap berkah yang mereka terima.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9DJieuH_dcPegDkPBZKPgr9Y3IQfAzey4CaJNMuRomPPsTnvtSJhufwx-zLc6LmggJyALMHDK-WXekSJGw9MBAtDEgNnLjLnz3QO7PvvK8KZ52RbdSrWOmv_HLFkcbhzSQWwB_yfueRT9L3zbsVJg6yFZXektVj1y0DL1QYs5LUNAxUvr1N3hD35P/s16000/Saiful%20Arifin%20PPP%20Blora%20dan%20Camat%20Kradenan%20Tarkun%20pada%20acara%20Sedekah%20Bumi%20di%20Wates%20Sumber%20Kradenan%20Blora.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9DJieuH_dcPegDkPBZKPgr9Y3IQfAzey4CaJNMuRomPPsTnvtSJhufwx-zLc6LmggJyALMHDK-WXekSJGw9MBAtDEgNnLjLnz3QO7PvvK8KZ52RbdSrWOmv_HLFkcbhzSQWwB_yfueRT9L3zbsVJg6yFZXektVj1y0DL1QYs5LUNAxUvr1N3hD35P/s72-c/Saiful%20Arifin%20PPP%20Blora%20dan%20Camat%20Kradenan%20Tarkun%20pada%20acara%20Sedekah%20Bumi%20di%20Wates%20Sumber%20Kradenan%20Blora.jpeg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/06/saiful-arifin-ppp-sedekah-bumi-manifestasi-rasa-syukur.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/06/saiful-arifin-ppp-sedekah-bumi-manifestasi-rasa-syukur.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content