Joko Mugiyanto Berjanji Optimalkan Sumber Daya Lewat Pendekatan Budaya dan Kearifan Lokal Desa

SHARE:

Contoh paling gampang begini Mas, saya tidak pernah nanggap ketoprak dari luar pas perayaan Tujuhbelasan.

Joko Mugiyarto Desa Sitirejo Blora

Joko Mugiyanto Mantan Kepala Desa Sitirejo Kecamatan Tunjungan Blora Periode 1999-2009 mencalonkan diri lagi pada Pilkades Serentak 2023 ini. Niatnya untuk kembali mempersatukan warga Desa Sitirejo seperti saat dia masih menjabat dulu, serta mengoptimalkan Sumber Daya Desa untuk Masyarakat Desa sendiri. 

"Contoh paling gampang begini Mas, saya tidak pernah nanggap ketoprak dari luar pas perayaan Tujuhbelasan, karena di Sitirejo sendiri punya grup ketoprak," ujar Joko Mugiyanto saat ditemui di rumahnya pada hari perayaan 'gasdesa' Kamis (15/6/2023). 

"Itu contoh paling sederhana Mas. Banyak lagi sumber daya di Desa Sitirejo yang sebenarnya dapat mencukupi kebutuhan warga Sitirejo sendiri. Baik itu sumber daya alam, manusia, maupun seni budaya" tutur Joko Mugiyanto.

Ketika ditanya tentang teknis pemanfaatan sumber daya, Joko menjawab, "Ya lewat contoh. Kita beri contoh langsung ke warga. Lewat pendekatan adat budaya dan kearifan lokal masyarakat sini Mas. Ya memang hanya orang asli Sitirejo yang tahu tentang adat kebiasaan dan kearifan lokal yang dipunyai warga masyarakat Sitirejo. Dan itu saya sudah pegang rumusnya. Karena saya orang asli Sitirejo."

Sedekah Bumi di Desa Sitirejo Blora

Misi Joko Mugiyanto selain Pembangunan Fisik

"Misi saya terbesar adalah menyatukan kembali masyarakat Desa Sitirejo lewat jalur budaya Mas. Harapannya nanti, antar warga rukun mesra, warga bisa menganggap dirinya sebagai satu kesatuan. Sebagai warga Desa Sitirejo, tidak lagi terkotak-kotak," tegas Joko Mugiyarto dengan nada serius tidak biasanya.

"Antar warga dukuhan yang berbeda, seperti orang Sawahan, Dukoh, Merah, Pulo, mereka mau menyadari bahwa sebenarnya mereka adalah satu kesatuan. Sebagai Warga Desa Sitirejo," lanjutnya.

Joko Mugiyanto tidak mengkhawatirkan sulitnya membangun infrastruktur Desa Sitirejo, "Lebih-lebih sekarang sudah ada Dana Desa, itu akan jauh lebih mudah daripada sewaktu saya menjabat sebagai Kades pertama dulu. Lha yang lebih susah itu mbangun kerukunan warga."

Menyadari hal itu, Joko mengarahkan Tim Suksesnya untuk, "Slow, tidak kenceng, banyak mengalah, jangan sampai 'blengkrengan', 'bleyer-bleyeran' untuk menjaga kondusivitas warga. Rukun Karo Tanggane, gitu aja."

Juga Demi Kebaikan dan Kedamaian Warga Desa Sitirejo

Joko Mugiyanto menganalogikan Kepala Desa dengan kepala kita sendiri, "Kepala kan untuk berfikir, selagi fikiran kita baik dan menginginkan kedamaian, maka akan menghasilkan perilaku yang baik dan menentramkan juga."

"Bila setiap calon Kepala Desa mau berfikir positif, berfikir kebaikan, kedamaian, maka setiap omongan, perilakunya akan baik dan menyenangkan pula. Hasilnya, masyarakat-pun juga akan merasakan kedamaian juga," pungkasnya. (AW)

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Joko Mugiyanto Berjanji Optimalkan Sumber Daya Lewat Pendekatan Budaya dan Kearifan Lokal Desa
Joko Mugiyanto Berjanji Optimalkan Sumber Daya Lewat Pendekatan Budaya dan Kearifan Lokal Desa
Contoh paling gampang begini Mas, saya tidak pernah nanggap ketoprak dari luar pas perayaan Tujuhbelasan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEVXgzhhu1GMJ-bf63Ci9qZr0dOhYWkViut_ak1g8w6JR8KlVEfsgby68AEJWgdoTxaeUyFRaerRa-c_nPlNtGcdhRmelAImuig-V4HCKFsmvUqx8Et5UQNXxm1e9ezTt-CAXQal3BZ-RsAT1hyLXjiKV3yy2o7Svc2-Ak7tIsqTxJDgHwuPX4BwEC/s16000/Joko%20Mugiyarto%20Desa%20Sitirejo%20Blora.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEVXgzhhu1GMJ-bf63Ci9qZr0dOhYWkViut_ak1g8w6JR8KlVEfsgby68AEJWgdoTxaeUyFRaerRa-c_nPlNtGcdhRmelAImuig-V4HCKFsmvUqx8Et5UQNXxm1e9ezTt-CAXQal3BZ-RsAT1hyLXjiKV3yy2o7Svc2-Ak7tIsqTxJDgHwuPX4BwEC/s72-c/Joko%20Mugiyarto%20Desa%20Sitirejo%20Blora.jpeg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/06/joko-mugiyanto-optimalisasi-sumber-daya-lewat-pendekatan-budaya.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/06/joko-mugiyanto-optimalisasi-sumber-daya-lewat-pendekatan-budaya.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content