Polres Blora Gelar Simulasi PLB Antisipasi Kejadian Luar Biasa

SHARE:

Simulasi ini bertujuan untuk merancang respons yang terkoordinasi, menghindari kepanikan, dan menjaga stabilitas dalam kondisi kritis.

Simulasi PLB  Kapolres Blora Agus Puryadi SH SIK MSi berikan pengarahan

Ketika kita membayangkan peran polisi, pikiran kita seringkali melayang pada citra pahlawan super yang siap melindungi masyarakat. Namun, kadang-kadang kenyataan di lapangan tak selalu berjalan mulus. Bahkan, markas Polres pun bisa menjadi sasaran berbagai kejadian tak terduga. 

Di tengah potensi ancaman seperti terorisme atau tindakan anarkhi, Polres Blora melangkah maju dengan langkah antisipatif. Pada Selasa (15/8/2023), Simulasi Panggilan Luar Biasa (PLB) digelar oleh Kapolres Blora AKBP Agus Puryadi, S.H., S.I.K., M.Si., menjadi bukti komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan kesiapan menghadapi situasi darurat.

Mengapa Simulasi Panggilan Luar Biasa Begitu Penting?

Kejadian tak terduga bisa terjadi kapan saja, dan persiapan adalah kunci mengatasi ketidakpastian tersebut. Simulasi Panggilan Luar Biasa adalah langkah proaktif yang memastikan bahwa anggota Polres Blora siap menghadapi berbagai situasi darurat. 

Jika markas Polres terancam atau ada ancaman massa, tindakan cepat dan koordinasi yang efektif menjadi sebuah keharusan. Simulasi ini bertujuan untuk merancang respons yang terkoordinasi, menghindari kepanikan, dan menjaga stabilitas dalam kondisi kritis.

"Dalam kondisi apapun anggota harus siap, bila terjadi penyerangan atau apapun ke Mako anggota harus siap mengamankan mako dari posisi manapun, sering kita ini mengalami terdadak, ketika ada pengumuman kejadian maka yang pertama dilakukan adalah beraksi dulu, jawaban itu belakangan," ucap Kapolres Blora AKBP Agus Puryadi.


Simulasi PLB seperti menghadapi kejadian nyata

Proses Simulasi: Melatih Kesiapan dan Koordinasi

Simulasi Panggilan Luar Biasa dimulai dengan suara lonceng, memanggil semua anggota untuk berkumpul di halaman Mapolres. Dalam waktu singkat setelah menerima arahan dari Kabag Ops, anggota Polres Blora mengambil posisi masing-masing untuk mengamankan area. 

"Para Perwira Pengendali menempatkan anggotanya, mana lokasi yang belum ditempat segera ditempati. Utamanya Pintu Masuk dan keluar, Unit K9 juga harus berkeliling. Meskipun ini latihan tapi yang namanya latihan itu dikondisikan sesuai dengan kejadian nyata jadi kita harus selalu siap dan sigap dalam menanggapi suatu hal," ujar Kabag Ops Kompol Sudarno, S.H.

Poin penting dari simulasi ini adalah:

  1. Pengamanan Efektif: Setiap personel ditempatkan dengan strategi yang matang, termasuk posisi pintu masuk dan keluar. Unit K9 juga dikerahkan untuk berkeliling dan memastikan area aman dari ancaman potensial.
  2. Tidak Ada Posisi Kosong: Kunci dari respons yang efektif adalah menghindari ada posisi yang tidak terjaga. Seluruh area, baik di dalam maupun di luar ruangan, harus tetap terawasi dan terlindungi.
  3. Koordinasi dan Komunikasi: Tim Perwira Pengendali bertanggung jawab untuk menempatkan anggota sesuai dengan kebutuhan dan memastikan bahwa semua area tercakup. Komunikasi yang lancar dan sinergi antar tim adalah elemen penting dalam menghadapi situasi darurat.

Latihan Sesuai dengan Kondisi Nyata

Meskipun simulasi, Polres Blora memastikan bahwa latihan ini mencerminkan kondisi nyata sebanyak mungkin. Kapolres Blora, AKBP Agus Puryadi, mengatakan bahwa pengalaman menghadapi kejadian sebenarnya mengajarkan pentingnya respons cepat dan tindakan koordinatif. Latihan ini mempersiapkan para anggota untuk merespons dengan bijak dan sigap dalam menghadapi ancaman.

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran kepolisian sangat penting dalam menjaga kedamaian masyarakat. Dalam situasi darurat, seperti ancaman teror atau kerusuhan, kehadiran Polres Blora dan kesiapannya dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat. Melalui simulasi ini, mereka tidak hanya memastikan perlindungan fisik, tetapi juga menjaga ketertiban dan keamanan psikologis di tengah ketidakpastian.


Simulasi PLB  tidak ada satupun posisi yang luput dari penjagaan

Menghadapi Pemilu dengan Kesiapan Maksimal

Simulasi Panggilan Luar Biasa dilakukan secara rutin menjelang Pemilu. Mau tak mau, Pemilu menjadi momen krusial yang dapat memicu berbagai situasi tak terduga. Dengan latihan ini, Polres Blora memastikan bahwa mereka siap mengantisipasi dan merespons kejadian luar biasa seperti penerobosan markas atau potensi kerumunan besar di sekitar markas komando.

Dalam menjaga keamanan dan kesiapan dalam menghadapi berbagai ancaman, Polres Blora telah membuktikan komitmennya. Simulasi Panggilan Luar Biasa adalah langkah bijak dalam menjaga ketertiban dan keselamatan masyarakat, membuktikan bahwa kepolisian selalu berada di garis terdepan dalam melindungi kita semua. (AW)

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Polres Blora Gelar Simulasi PLB Antisipasi Kejadian Luar Biasa
Polres Blora Gelar Simulasi PLB Antisipasi Kejadian Luar Biasa
Simulasi ini bertujuan untuk merancang respons yang terkoordinasi, menghindari kepanikan, dan menjaga stabilitas dalam kondisi kritis.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHaYdYsYCEfmlFNcQbjXHE1TYHvcdX4zvog2QVKhBFqtwcZtz8Ip3TQErnW6R1PZoih3zTcZ24oJ0oVECkE4B9vvCi5RlDPo-wUywMxDlBi02xuayrziEDP2ugb3mVTB91ff3FZGisCvLlCGWy1hXgLLrA9efFOwiVyr2_vPIkk1O-e8rhdzyS5gYzUwk/w640-h360/Simulasi%20PLB%20%20Kapolres%20Blora%20Agus%20Puryadi%20SH%20SIK%20MSi%20berikan%20pengarahan.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHaYdYsYCEfmlFNcQbjXHE1TYHvcdX4zvog2QVKhBFqtwcZtz8Ip3TQErnW6R1PZoih3zTcZ24oJ0oVECkE4B9vvCi5RlDPo-wUywMxDlBi02xuayrziEDP2ugb3mVTB91ff3FZGisCvLlCGWy1hXgLLrA9efFOwiVyr2_vPIkk1O-e8rhdzyS5gYzUwk/s72-w640-c-h360/Simulasi%20PLB%20%20Kapolres%20Blora%20Agus%20Puryadi%20SH%20SIK%20MSi%20berikan%20pengarahan.jpeg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/08/polres-blora-gelar-simulasi-plb.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/08/polres-blora-gelar-simulasi-plb.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content