Ir Siswanto, Anggota DPRD Blora, Ajak Generasi Muda Kembali ke Dunia Buku

SHARE:

Dia berjanji untuk mencoba pendekatan baru dengan membuat kanal TikTok yang akan berisi pengetahuan-pengetahuan umum dari buku-buku yang dia baca.

Ngatino-Kades-Biting-menerangkan-kondisi-faktual-pemuda-pemudi-di-wilayahnya

Dalam kunjungan kerjanya ke Desa Biting, Kecamatan Sambong, Ir Siswanto, yang masih menjabat sebagai Anggota DPRD Blora, mengambil langkah proaktif untuk menghidupkan kembali semangat membaca di kalangan generasi muda desa tersebut. Pada Senin (4/9/2023), Ir Siswanto berdiskusi dengan Kepala Desa Biting, Ngatino, tentang upaya membuka kembali perpustakaan desa yang selama ini terlupakan.

Beberapa tahun lalu, Siswanto telah menyumbangkan ratusan buku dari koleksi pribadinya untuk perpustakaan desa. Sayangnya, pengelolaannya tidak berlanjut dan hanya berjalan singkat akibat berbagai faktor. Merasa prihatin dengan kurangnya minat baca, terutama di kalangan milenial dan generasi Z di Desa Biting, Ir Siswanto, yang merupakan Tokoh Partai Golkar, memutuskan untuk mengubah strateginya.

Siswanto mengungkapkan, "Perpustakaan dan taman Balai Desa Biting sudah sangat representatif. Lokasinya yang tenang dan terpencil dari keramaian jalan raya dan pemukiman sangat ideal untuk membaca. Selain itu, tempat ini juga dapat menjadi sarana interaksi langsung antara tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Pemerintah Desa dengan penduduk setempat."

Namun, realitas di lapangan menunjukkan tantangan besar. Ngatino, Kepala Desa Biting, menekankan pergeseran minat generasi muda. "Saat ini, mereka lebih tertarik bermain voli atau sepak bola di lapangan sekitar Balai Desa daripada menghabiskan waktu di dalam Balai Desa untuk membaca buku. Jumlah yang gemar berolahraga pun semakin berkurang sejak smartphone menjadi dominan."


Ir-Siswanto-Golkar-Blora-ajak-Pemuda-untuk-biasakan-membaca-buku

Ketika ditanya tentang solusi yang konkret untuk mengajak pemuda-pemudi Desa Biting kembali ke dunia buku, Siswanto mengakui belum memiliki jawaban pasti. Namun, dia berjanji untuk mencoba pendekatan baru dengan membuat kanal TikTok yang akan berisi pengetahuan-pengetahuan umum yang diperoleh dari buku-buku yang pernah dia baca.

Langkah ini diharapkan dapat memancing minat generasi muda untuk mengeksplorasi buku dan pengetahuan lebih lanjut melalui media sosial yang mereka gemari. Upaya Ir Siswanto ini memperlihatkan komitmen dan semangat untuk mengatasi tantangan pendidikan dan membawa perubahan positif di desa binaannya.

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Ir Siswanto, Anggota DPRD Blora, Ajak Generasi Muda Kembali ke Dunia Buku
Ir Siswanto, Anggota DPRD Blora, Ajak Generasi Muda Kembali ke Dunia Buku
Dia berjanji untuk mencoba pendekatan baru dengan membuat kanal TikTok yang akan berisi pengetahuan-pengetahuan umum dari buku-buku yang dia baca.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5MoX70m0PiW09xAJ9FPIsYbtY5PChOLAevqsG-n0emPk_XOMPVcjhXgEHJilecHX_cXUNJ3miwaVG60XzPPRZgegbVE7PFhZ8aOTjQE6NpJN8lbbQ52eqAkja74q0B28l2qj8-sICzUJp3rWpp9DF_vq7_HqdQAwyQCXuex-wwJb7IlJBX6fkhm82mus/w640-h360/Ngatino-Kades-Biting-menerangkan-kondisi-faktual-pemuda-pemudi-di-wilayahnya.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5MoX70m0PiW09xAJ9FPIsYbtY5PChOLAevqsG-n0emPk_XOMPVcjhXgEHJilecHX_cXUNJ3miwaVG60XzPPRZgegbVE7PFhZ8aOTjQE6NpJN8lbbQ52eqAkja74q0B28l2qj8-sICzUJp3rWpp9DF_vq7_HqdQAwyQCXuex-wwJb7IlJBX6fkhm82mus/s72-w640-c-h360/Ngatino-Kades-Biting-menerangkan-kondisi-faktual-pemuda-pemudi-di-wilayahnya.jpg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/09/ir-siswanto-ajak-biasakan-membaca-buku.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/09/ir-siswanto-ajak-biasakan-membaca-buku.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content