Menilik Olahraga Petanque di Sudut Barat Daya Lapangan Kridosono Blora

SHARE:

Petanque adalah olahraga tradisional yang berasal dari Prancis dan telah berkembang dari permainan zaman Yunani Kuno pada abad ke-6 SM.

olahraga-tradisional-petanque-asal-prancis-mulai-masuk-blora-sekitar-tahun-2021

Di suatu sore yang cerah di sudut barat daya Lapangan Kridosono, sekelompok anak remaja putra dan putri terlihat sibuk berlatih dengan penuh semangat. Mereka mengayun bola kecil, yang seukuran dengan bola bekel, sejauh kurang lebih 8 meter-an. Namun, tak lama kemudian, mereka beralih ke bola besi yang serupa dengan bola tenis. Dalam posisi kaki yang rapat dan dengan genggaman tangan yang menghadap ke bawah, mereka mengayunkan bola besi ini mendekati target, yaitu bola kayu kecil yang seukuran bola bekel tadi.

Ketika kami menanyakan aktivitas mereka, salah satu di antara mereka, Indah Setyoreni, dengan gembira menghentikan latihannya dan dengan antusias menjelaskan bahwa mereka sedang berlatih petanque. Petanque sendiri sering kali disebut seperti mengeja suku kata "petang."


Indah-Setyoreni-peraih-2-medali-emas-pada-Porprov-Jateng-2022-pada-cabang-olahraga-Petanque

Indah Reni pertama kali mengenal olahraga petanque pada tahun 2021 saat masih bersekolah di SMKN 2 Blora. Sejak saat itu, dia mendedikasikan diri berlatih cabang olahraga ini dan berhasil meraih 2 medali emas dalam Popda Jateng Tahun 2022, masing-masing dalam kategori single putri dan double putra-putri.

Selain Indah, ada teman seangkatannya dari Blora, Taufik Sandi Nugroho, yang juga meraih medali emas dalam kategori single putra. Ini menunjukkan potensi luar biasa dari atlet petanque asal Blora.

Petanque, meski tidak jelas kapan tepatnya masuk ke Indonesia, mendapatkan perhatian yang semakin besar. Baru pada tahun 2011, saat Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games ke-26 di Jakarta dan Palembang, petanque akhirnya diakui sebagai olahraga wajib. 


para-atlet-latihan-olahraga-petanque-di-lapangan-kridosono-blora

Namun, belum ada penelitian yang menyebutkan kapan olahraga ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia.  Situs resmi KONI Jawa Tengah pun tidak menjelaskan secara detail kapan petanque secara resmi menjadi cabang olahraga yang diakui di Jawa Tengah.

Menurut beberapa literatur, Petanque adalah olahraga tradisional yang berasal dari Prancis dan telah berkembang dari permainan zaman Yunani Kuno pada abad ke-6 SM. Versi modern dari permainan petanque diperkenalkan oleh Jules Boule Lenoir pada tahun 1907 di kota La Ciotat, Provence, selatan Prancis.

Nama "Petan" sendiri berasal dari kata "Les Ped Tanco" atau "Petanca" dalam dialek Provençal dari bahasa Occitan, yang berarti "kaki rapat." Salah satu teknik dasar dalam bermain petanque adalah menjaga kaki tetap rapat pada tanah, tanpa mengangkatnya.


para-atlet-petanque-berlatih-di-sudut-barat-daya-lapangan-kridosono-blora

Olahraga petanque telah menjadi lebih terstandarisasi dan diatur secara universal sebagai cabang olahraga prestasi. Ini berkat Fédération Internationale de Pétanque et Jeu Provençal (FIPJP), yang didirikan di Marseille, Prancis pada tahun 1958, dan sejak itu menjadi otoritas internasional untuk olahraga petanque.

Seperti sambil menunggu matahari terbenam di sudut barat daya Lapangan Kridosono, petanque terus tumbuh dan berkembang di Kabupaten Blora, menarik minat atlet-atlet muda yang bersemangat dan berbakat untuk meraih prestasi di panggung nasional.

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,466,Berita DPRD,22,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,26,Desa,25,Download,1,Ekonomi,25,Event,24,geologi,1,gerakan,6,Infrastruktur,22,Investasi,1,Kamtibmas,9,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,38,Ketahanan Pangan,1,Korupsi,1,Layanan,7,Lingkungan HIdup,12,Lowongan Kerja,1,Olahraga,9,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,16,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,48,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Menilik Olahraga Petanque di Sudut Barat Daya Lapangan Kridosono Blora
Menilik Olahraga Petanque di Sudut Barat Daya Lapangan Kridosono Blora
Petanque adalah olahraga tradisional yang berasal dari Prancis dan telah berkembang dari permainan zaman Yunani Kuno pada abad ke-6 SM.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPMnKfceWqtR1d5nO9ihe2pKyWoY-3uS4VlNcQz2tr0CdTbcXDPybqM3SYtX7Kse2btvggcpijpgFjmXJHEDNbLFjsXcPgjd8qnjDZr6FR-gZ2Fru30QDRPohi42TYXIpdNPX4xf_Fn2JAXQsk7ZkDp9cncSdZ0-LSG7mEU87qLONdn-yRLRkID9yWw0E/w640-h360/olahraga-tradisional-petanque-asal-prancis-mulai-masuk-blora-sekitar-tahun-2021.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPMnKfceWqtR1d5nO9ihe2pKyWoY-3uS4VlNcQz2tr0CdTbcXDPybqM3SYtX7Kse2btvggcpijpgFjmXJHEDNbLFjsXcPgjd8qnjDZr6FR-gZ2Fru30QDRPohi42TYXIpdNPX4xf_Fn2JAXQsk7ZkDp9cncSdZ0-LSG7mEU87qLONdn-yRLRkID9yWw0E/s72-w640-c-h360/olahraga-tradisional-petanque-asal-prancis-mulai-masuk-blora-sekitar-tahun-2021.jpg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2023/10/petanque-blora.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2023/10/petanque-blora.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content