Polemik Harga Tebu dan Pola Kemitraan di Blora Berakhir Damai, Siap Bersinergi Kembali

SHARE:

Setelah berbulan-bulan memanas, polemik harga tebu dan pola kemitraan antara petani tebu Blora dan Pabrik Gula Gendhis Multi Manis (PG GMM) ...

Setelah berbulan-bulan memanas, polemik harga tebu dan pola kemitraan antara petani tebu Blora dan Pabrik Gula Gendhis Multi Manis (PG GMM) Bulog akhirnya menemui titik terang. Dalam rapat audiensi yang dipimpin oleh Ketua Komisi B DPRD Blora, Yuyus Waluyo, Rabu (22/05/2024), kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dan kembali bersinergi demi kesejahteraan petani tebu di Blora.

Polemik antara petani tebu Blora dan PG GMM Bulog berawal dari ketidakpuasan petani terhadap harga tebu yang ditetapkan oleh PG GMM Bulog. Petani merasa harga tebu yang ditetapkan terlalu rendah dan tidak sebanding dengan biaya produksi yang mereka keluarkan. Selain itu, petani juga mengeluhkan pola kemitraan dengan PG GMM Bulog yang dinilai tidak adil dan merugikan petani.

Ketidakpuasan petani ini kemudian memicu aksi demonstrasi yang dilakukan oleh APTRI Blora. Dalam aksinya, APTRI Blora menuntut PG GMM Bulog untuk menaikkan harga tebu dan memperbaiki pola kemitraan.

Menanggapi aksi demonstrasi dari APTRI Blora, Komisi B DPRD Blora kemudian mengadakan rapat audiensi untuk mempertemukan kedua belah pihak. Rapat audiensi ini dihadiri oleh perwakilan dari APTRI Blora, PG GMM Bulog, dan jajaran Anggota Komisi B DPRD Blora.

Anggota Komisi B DPRD Blora yang hadir dalam rapat audiensi tersebut antara lain Ir. Siswanto, Abdullah Aminuddin, Jayadi, Budi Sustiyono, Munawar

Rapat audiensi dipimpin oleh, Ketua Komisi B DPRD Blora: Yuyus Waluyo (dari Partai Nasdem), Wakil Ketua DPRD Blora: Siswanto (dari Partai Golkar) dan Sakijan.

Dalam rapat tersebut, kedua belah pihak memaparkan permasalahan dan mencari solusi bersama. Berikut adalah beberapa kesepakatan yang dicapai dalam rapat audiensi tersebut:

  1. Kenaikan Harga Tebu: PG GMM Bulog sepakat untuk menaikkan harga tebu petani Blora menjadi Rp 720 per kilogram. Harga ini lebih tinggi dari harga yang ditetapkan oleh Surat Edaran Direktorat Jenderal Perkebunan sebesar Rp 67.000 per kwintal dengan rendemen di bawah 7%.
  2. Pembentukan Forum Temu Kemitraan: Kedua belah pihak sepakat untuk membentuk Forum Temu Kemitraan untuk membahas berbagai hal terkait kemitraan, termasuk harga tebu, pola giling, dan pembinaan petani. Forum ini diharapkan dapat meningkatkan komunikasi dan sinergi antara petani tebu dan PG GMM Bulog.
  3. Penurunan Rendemen: PG GMM Bulog akan membantu petani tebu untuk meningkatkan rendemen tebu mereka dengan memberikan pelatihan dan pendampingan.
  4. Perbaikan Pola Giling: PG GMM Bulog akan memperbaiki pola giling tebu untuk mengurangi antrean dan meningkatkan efisiensi.
  5. Pembinaan Petani: PG GMM Bulog akan meningkatkan pembinaan terhadap petani tebu dengan memberikan bantuan modal, pupuk, dan obat-obatan.

Tanggapan Kedua Belah Pihak

Ketua Komisi B DPRD Blora, Yuyus Waluyo, menyambut baik kesepakatan yang dicapai oleh kedua belah pihak. Ia berharap kesepakatan ini dapat menjadi awal dari hubungan yang lebih baik antara petani tebu dan PG GMM Bulog.

"Saya berharap kesepakatan ini dapat menjadi awal dari hubungan yang lebih baik antara petani tebu dan PG GMM Bulog. Kedua belah pihak harus saling bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan petani tebu di Blora," ujar Yuyus.

Sementara itu, Direktur Operasional PG GMM Bulog, Krisna Murtiyanto, menyatakan komitmennya untuk selalu berdialog dengan petani tebu. Ia berharap Forum Temu Kemitraan yang akan dibentuk dapat menjadi wadah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

"Kami berkomitmen untuk selalu berdialog dengan petani tebu. Kami berharap Forum Temu Kemitraan yang akan dibentuk dapat menjadi wadah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dan meningkatkan kesejahteraan petani tebu di Blora," ujar Krisna.

Polemik harga tebu dan pola kemitraan antara petani tebu Blora dan PG GMM Bulog akhirnya menemui titik terang. Kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dan kembali bersinergi demi kesejahteraan petani tebu di Blora. Kesepakatan ini diharapkan dapat menjadi awal dari hubungan yang lebih baik dan saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

KOMENTAR

Nama

Berita Blora,439,Berita DPRD,18,Berita Jateng,8,Berita Pusat,6,Budaya,24,Desa,23,Download,1,Ekonomi,24,Event,24,geologi,1,gerakan,5,Infrastruktur,21,Investasi,1,Kamtibmas,5,keluarga,3,Kemanusiaan,3,Kesehatan,36,Ketahanan Pangan,1,Layanan,5,Lingkungan HIdup,11,Lowongan Kerja,1,Olahraga,8,Opini Blora,15,Pemerintahan,36,Pemuda,3,Pendidikan,51,Perbankan,1,Perempuan,2,Pertambangan,1,pertanahan,1,Pertanian,15,Pilkades Serentak,2,Polhukam,107,Politik,43,Produk,2,Publik Figur,7,religi,2,Sastra,1,Sosial,45,TNI,9,Ulasan Produk,3,umkm,1,Wisata,5,
ltr
item
BLORAWEB: Polemik Harga Tebu dan Pola Kemitraan di Blora Berakhir Damai, Siap Bersinergi Kembali
Polemik Harga Tebu dan Pola Kemitraan di Blora Berakhir Damai, Siap Bersinergi Kembali
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSyAhD9SjiNjIjKOht5XjHmxgpVWJosWVUyZF193mzjvAKrVIzR9U4TqqK78GE4AF-81UF6SB_dXxmu0FtJ0qpIZ-znfS23i0otgBsqI6Z1CASVMjmEBvQM6HaqRrclx4zZvu3TwRWCxo5ungqad9AJZ6C7_sx4brtX0oTKtgykJpLseR-HgO49FbKsaY/w640-h360/WhatsApp%20Image%202024-05-22%20at%2017.38.34.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSyAhD9SjiNjIjKOht5XjHmxgpVWJosWVUyZF193mzjvAKrVIzR9U4TqqK78GE4AF-81UF6SB_dXxmu0FtJ0qpIZ-znfS23i0otgBsqI6Z1CASVMjmEBvQM6HaqRrclx4zZvu3TwRWCxo5ungqad9AJZ6C7_sx4brtX0oTKtgykJpLseR-HgO49FbKsaY/s72-w640-c-h360/WhatsApp%20Image%202024-05-22%20at%2017.38.34.jpeg
BLORAWEB
https://www.bloraweb.com/2024/05/polemik-harga-tebu-dan-pola-kemitraan-berakhir-damai.html
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/
https://www.bloraweb.com/2024/05/polemik-harga-tebu-dan-pola-kemitraan-berakhir-damai.html
true
8304592902863202145
UTF-8
Muat Semua Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca Balas Batal Balas Delete By Home HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA KATEGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu lebih dari 5 minggu lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content